Buku Juknis Penggunaan Buku Kesehatan Lansia

Lansia
Kementerian Kesehatan mengembangkan Buku Pemantauan Pribadi Kesehatan Lanjut Usia pertama kali pada tahun 2005. Untuk mengakomodasi kebutuhan program dan disesuaikan dengan kondisi yang berkembang maka perlu dilakukan revisi terhadap Buku Pemantauan Pribadi Kesehatan Lansia menjadi Buku Kesehatan Lanjut Usia (Lansia). Buku Kesehatan Lanjut Usia revisi tahun 2016 berisi catatan pemantauan kesehatan dan informasi tentang cara memelihara dan menjaga kesehatan Pra Lansia dan Lansia.

Pemanfaatan Buku Kesehatan Lanjut Usia di tingkat keluarga dapat optimal bilamana tenaga kesehatan dan kader menjelaskan dan memastikan sasaran dan keluarganya memahami isi Buku Kesehatan Lanjut Usia. Peningkatan pemahaman dapat dilakukan pada saat memberikan pelayanan, waktu tunggu pelayanan maupun saat kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh tenaga kesehatan, kader ataupun berbagai pihak yang memiliki kompetensi dan minat yang besar tentang kesehatan Lansia.

Untuk membantu tenaga kesehatan memahami penggunaan Buku Kesehatan Lanjut Usia maka disusunlah “Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Lanjut Usia” sebagai acuan. Petunjuk teknis penggunaan Buku Kesehatan Lanjut Usia ini menuntun langkah-langkah yang harus ditempuh oleh tenaga kesehatan dalam penggunaannya sebagai alat pencatatan dan media Komunikasi, Informasi dan Edukasi bagi Pra Lansia/Lansia sendiri , pengasuh dan keluarganya. Buku ini juga menjadi panduan bagi tenaga kesehatan dalam melakukan pemantauan kesehatan Pra Lansia/Lansia. Untuk memahami dan menerapkan Juknis penggunaan Buku Kesehatan Lanjut Usia ini, tenaga kesehatan perlu terlebih dahulu membaca Buku Kesehatan Lanjut Usia. Buku ini dapat dipelajari secara mandiri atau dibahas bersama di tingkat puskesmas maupun institusi pelayanan lain baik pemerintah maupun swasta.

Related : Buku Juknis Penggunaan Buku Kesehatan Lansia

0 Komentar untuk "Buku Juknis Penggunaan Buku Kesehatan Lansia"